Tentang Zuhud Dan Akhlak Mulia


Hati-hati terhadap orang beriman yang kaya lagi dermawan, bisa jadi ia adalah waliyullah (kekasih Allah) yang zuhud.

Zuhud yang benar adalah bukan hidup dalam kefakiran, tapi hidup sejahtera dan kaya raya, namun harta benda dan dunia tidak mengikat hatinya, melainkan dunia ia salurkan dan manfaatkan untuk beribadah kepada-Nya.


Syaikh Abdul Qodir Jailani Albaghadi pemuka/rajanya para Waliy Allah beliau kaya, sangat dermawan. JugaSyaikh Abi Hasan Syadziliyi beliau wali Qutub sesudah zaman Syaikh Abdul Qodir Jailani sangat kaya, beliau dermawan menjalankan hartanya dgn kuat bersedekah sayang yatim-piyatu, para pakir miskin.
.
Makna dzuhud dunya Itu bukan berarti harus miskin tak butuh dunya, tapi dunya/kekayaan Itu di taruh di tangan bukan di hati, kalau kekayaan ditaruh di hati Itu namanya hubbudunya/buta duniawi pasti kikir/pelit.
.
Allah titipkan kekayaan padamu bukan untuk pelit/kikir, melainkan harus baik dermawan....Ingat hisaban harta kelak di akhirat paling berat jika kalian salah menjalankan titipan.

Termasuk ilmu adalah harta yang laing berharga pada diri manusia, yang harus diberikan kepada umat untuk tabligh/menyampaikan kebenaran atau sekadar mengingatkan.
.
Kepada manusia kaya harta bendanya, jika kalian kikir, Ingat adzab Allah atas murkanya pasti datang bencana kerampogan, kebanjiran dan kebakaran dan lain-lain. Hal itu akan kalian rasakan untuk menyirnakan titipannya yang kalian salah jalankan.

Imam Hasan al-Bashri Ra, beliau Ulama pemuka tabii’in, pernah ditanya.
ما سر زهدك فى الدنيا ؟
Apa rahasia zuhud anda terhadap dunia?
.
Jawab beliau :
علمت بأن رزقى لن يأخذه غيرى فاطمأن قلبى له , وعلمت بأن عملى لا يقوم به غيرى فاشتغلت به , وعلمت أن الله مطلع على فاستحييت أن أقابله على معصية , وعلمت أن الموت ينتظرنى فأعددت الزاد للقاء الله
.
Aku yakin bahwa rizqy ku tidak akan diambil orang lain, sehingga hatiku tenang dalam mencarinya.

Saya yakin bahwa amalku tidak akan diwakilkan kepada orang lain, sehingga aku sendiri yang sibuk menjalankannya.

Aku yakin bahwa Allah selalu mengawasi diriku, hingga aku malu merespon pengawasan nya dengan melakukan maksiat. Aku yakin bahwa kematian menantiku, sehingga aku siapkan bekal untuk ketemu Allah.
.


Mengajak kepada kebaikan adalah baik, tetapi memaksa kepada orang lain suatu yang kita anggap baik adalah TIDAK baik.(Gus Mus).


Adem benar ajaran Islam yang benar, manut pada ajarannya Kanjeng Nabi Muhammad, Rosululullaahi SAW
.
أفضل الإيمان الصبر والسماحة
.
Keimanan yang paling utama adalah yang sabar dan toleransi.
.
قيمة نفسك تكون بأخلاق
.
Nilai dirimu ada pada akhlakmu.

Kesabaran adalam mutiara yang mempererat hubungan manusia dengan Allah SWT. Inna Allaha ma'a_shobirin. Allah beserta orang yang sabar.

Toleransi adalah menghormati dan memulyakan nilai-nilai kemanusiaan, menjadi pelindung, dan rahmat bagi sesama. Rahmat adalah cinta kasih yang mesti disebarkan kepada setiap insan yang berhati dan berakal pikiran.

Nilai kita adalah sikap dan perbuatan, itulah akhlak mulia. Sikap sopan dan santun, responsif dengan cinta dan kelembutan, akan mempererat tali persaudaraan dan kesatuan antar sesama manusia. Meskipun berbeda ras, suku, golongan, dan keyakinan, jika semua dilandasi sikap akhlak mulia, hidup kita pasti akan indah dalam berhubungan sosial, setelah beribadah kepada Allah dengan benar.

Wallahua'lam.

Dhani Sugesti
05/02/2017


Komentar

Postingan Populer